Router Indoor Yang Tangguh Untuk Di Modifikasi Jadi Outdoor

Para penggiat Rt Rw Net, kali ini saya akan membahas beberapa router indoor yang cukup tangguh untuk di modifikasi menjadi router outdoor.

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika kita mendengar kata-kata "modifikasi netis ataupun tenda menjadi penangkap wifi outdoor" tutorial cara modifikasinya pun sudah sangat banyak bertebaran di youtube dan google.

Yang akan saya bahas kali ini bukan cara memodifikasinya melainkan tips memilih router indoor yang cocok untuk anda ubah menjadi router outdoor. Mengapa hal ini sering dilakukan? Salah satu alasannya mungkin dengan cara ini kita bisa menghemat pengeluaran untuk pembelian alat pada perangkat outdoor klien untuk pemasangan internet dirumah pelanggan.

Namun sering kita mendengar bahwa jika menggunakan router modifan outdoor tidur akan jadi tidak nyenyak... mmmm. Saya sendiri sampai saat ini masih memakai cara ini dan alhamdullilah tidur saya nyenyak, mau tau tipsnya?.

Sebelum masuk ke bahasan jenis router yang tangguh untuk di modifikasi menjadi outdoor saya akan memberikan tips supaya jaringan anda tetap aman meskipun menggunakan perangkat murah yang di modif ini, saya menemukan kasus pada router merk tenda.

KELEMAHAN TENDA N301 MODE WISP


Awal-awal menjalankan usaha ini saya menggunakan tenda N301 box hitam yang tidak ada pilihan mode klien, akhirnya saya memakai mode WISP dan pada mode ini SSID pada tenda tidak bisa di matikan, saya mencoba mencari tutorial mematikan SSID tenda di google dan menemukan solusi untuk hidden SSID.

Saya akhirnya mengikuti saran ini, setelah ada 4 klien rumahan yang semuanya menggunakan tenda dengan mode WISP semua masih aman-aman saja, ketika jumlah klien bertambah menjadi 7 masalah mulai muncul, pesan whatsapp masuk dan beberapa dari klien mengeluhkan internet mereka lemot, kadang bagus kadang jelek.

tenda n301 box hitam mode client


Saya cek kualitas sinyal dan CCQ pada basebox 2 (access point yang saya gunakan) aman-aman saja semua tidak ada masalah, cukup lama untuk menyelesaikan masalah ini, saya kira masalah interfensi pun tidak mungkin karena untuk frekuensi 2,4 masih fresh disini.

Akhirnya saya coba scan dari basebox2 dan menemukan bahwa SSID tenda yang di hidden masih tetap terbaca di basebox, saya yakin inilah penyebab masalah tersebut. interfensi muncul dari perangkat saya sendiri.

Selang beberapa hari saya order netis WF2419E (2 antena) untuk menggantikan router outdoor tenda tersebut.

Karena di netis ada mode pilihan client sehingga SSID tidak akan tampil seperti di tenda, dan ternyata benar. Setelah semua rumah klien diganti dengan netis koneksi stabil dan sampai saat ini tidak pernah lagi ada keluhan tentang koneksi yang lelet. Bagi anda yang punya masalah mungkin bisa mencoba cara yang saya lakukan ini.

Mode WISP lah yang membuat anda tidak bisa tidur nyenyak...

Baca Artikel Cara Setting Netis Mode Client Pakai 2 Router Indoor & Outdoor

Jadi menurut saya pribadi router indoor yang tangguh untuk di modifikasi menjadi outdoot adalah netis 2419 karena saya menggunakannya untuk jarak 100-600 meter (kondisi loss) tanpa modifikasi antena, saya hanya mengganti adaptor bawaan netis yang 9v dengan adaptor 12v 1A.

inipun karena saya menggunakan panjang kabel -+17 meter untuk masing-masing rumah klien, saya sudah pernah mencoba memakai adaptor bawaan netis sering hidup mati, tapi untuk panjang kabel LAN 10 meter adaptor bawaan netis sudah cukup.

Bagi anda yang ingin mencoba memodifikasi router indoor menjadi outdoor mungkin video dibawah ini bisa membantu.


Tutorial modifikasi Router Indoor Jadi Outdoor



Dan untuk modifikasi POE dengan LAN bisa lihat video dibawah ini.

Tutorial Membuat POE Untuk Tenda N301, Netis, Totolink



Namun jika anda tidak ingin repot untuk memodifikasi POE bisa gunakan POE Splitter Male dan Female seperti pada contoh gambar di bawah ini.

POE splitter

Harganya kisaran Rp 20.000 bisa anda beli di tokopedia ataupun bukalapak.

Sekian artikel kali ini, semoga apa yang saya informasikan dapat bermanfaat bagi anda yang sudah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk terus berkunjung ke blog Wifi Rt Rw Net untuk mendapatkan update artikel terbaru dari kami.