Radio Untuk Nembak Wifi Jarak Jauh Frekuensi 2,4 GHZ

Apakah anda sedang mencari informasi alat yang cocok untuk nembak wifi jarak jauh? Untuk jaringan wireless saat ini jarak tak lagi menjadi kendala, namun ada beberapa faktor yang harus anda pahami agar usaha anda untuk menerima sinyal wifi tersebut tidak sia-sia.

Bagi para penggiat usaha Rt Rw Net jarak dan halangan harus benar-benar di perhitungkan dengan baik, karena syarat antara pemancar dan penerima sinyal wifi harus benar-benar dalam kondisi tanpa halangan apapun.

sxt2 lhg2 mikrotik

Misalkan didaerah anda banyak halangan pohon kelapa, dan ruko, maka anda harus perhitungkan berapa tinggi dari bangunan dan pohon tersebut, lalu usahakan tower yang akan anda buat tingginya lebih dari halangan yang ada.

Radio Pemancar Wifi Jarak Jauh Frekuensi 2,4 GHZ


Setelah syarat utama terpenuhi barulah anda memperhitungkan alat pemancar wifi apa yang cocok untuk anda gunakan. Pada jaringan 2,4 Ghz bisa menggunakan Basebox2 dan Rocket M2 dengan pilihan antena mimo sectoral ataupun omni mimo.

List Access Point Frekuensi 2,4 GHZ :

  • Mikrotik Basebox 2
  • Ubiquiti Rocket M2
  • Ubiquiti Loco M2
  • Ubiquiti NSM2 / Nano Station M2
  • Mikrotik Groove
  • Ubiquiti Bullet M2

Menurut saya jenis antena sectoral lebih baik jika digunakan untuk pemancar wifi jarak jauh karena pancarannya yang fokus pada satu titik, beda dengan omni yang pancarannya 360 derajat (ke segala arah).

Pilihan antena pun sebaiknya anda pertimbangkan dengan matang, jangan sampai salah pilih dan akhirnya justru menghabiskan uang untuk membeli lagi jenis antena yang baru, toh untuk saat ini pilihan antena pemancar wifi sudah sangat banyak sekali mulai dari produk lokal sampai produk resmi dari brand-brand ternama.

Review Basebox dan Rocket M2

Contoh saja untuk antena lokal saat ini yang terkenal adalah Antena Rnet dan Anunet, kedua antena ini sudah banyak yang menggunakan dan banyak juga mendapatkan review positif dari para pengusaha Rt Rw Net.

Termasuk saya pun sudah mencoba kedua antena ini, Rnet saya gunakan sejak 2017 lalu untuk disandingkan dengan basebox2 sebagai AP Pusat klien rumahan.

Sedangkan Antena Anunet Omni Mimo saya pakai dengan untuk AP Voucher Hotspot disandingkan dengan Basebox2 juga.

loco m2 ubiquiti dan groove 52hpn
Kenapa saya lebih suka memakai Basebox2? (karena saya cinta mikrotik) hehe... Namun bukan berarti produk lain tidak bagus, saya hanya belum ada niat untuk mencoba produk lain seperti rocket m2 dari Ubiquiti, karena dari awal menjalankan usaha wifi Rt Rw Net ini saya sudah terbiasa menggunakan Basebox. Tapi tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba lalu ceritakan pengalaman anda kepada saya, barangkali saya ingin mencoba jua :).


Radio Penerima Sinyal Wifi Jarak Jauh


Setelah step 1 dan 2 sudah anda penuhi sekarang mari kita lanjut ke topik utama yaitu memilih radio penerima sinyal wifi untuk jarak jauh. untuk jarak diatas 1Km saya sarankan anda dapat mempertimbangkan halangan dari lokasi, saya sudah pernah mencoba SXT2 dan NSM2 dengan mode client sebagai penerima sinyal wifi untuk jarak 2-3 Km.

access point untuk wifi jarak jauh usaha rt rw net

Dengan tinggi AP Pusat 25 meter dan tinggi tiang radio penerima 18 meter, sampai saat ini belum ada kendala apapun masih lancar. kebetulan posisi klien bangunan ruko, jadi cukup tambah tiang 6 meter 1 batang ditambah tinggi ruko 3 tingkat 12 meter.

List Radio Client Frekuensi 2,4 GHZ Jarak Jauh :

  • Nano Station M2
  • SXT2
  • LHG 2
  • Groove (pakai Antena Rnet Sectoral)
  • Bullet M2 (pakai Antena Grid)

Untuk tipe-tipe alat penerima wifi jarak jauh lainnya silakan cari di google, list diatas hanya beberapa tipe yang saya rekomendasikan untuk anda berdasarkan pengalaman yang sudah saya coba sendiri.

Khusus untuk Nano Station saya hanya mencobanya untuk jarak 980 meter, dan ada tambahan lagi saya juga pernah mencoba Totolink CP300 utnuk jarak yang sama 980 meter, hasilnya kurang cukup bagus untuk harga yang cukup terjangkau.

Bagi anda yang punya klien dengan jarak dibawah 1km dan ingin irit biaya pemasangan wifi rumahan bisa baca artikel kami tentang Router Indoor Yang Tangguh Untuk Di Modifikasi Jadi Outdoor

Bingung cara setting router indoor dan outdoor netis? Baca juga artikel kami tentang Cara Setting Netis Mode Client, Pakai 2 Router Outdoor & Indoor

Sekian sharing saya tentang Radio penerima untuk nembak wifi jarak jauh, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda dan semoga para penggiat Rt Rw Net Indonesia semakin sukses.

This Is The Newest Post